Peralatan Keselamatan Kerja di Perusahaan Pertambangan


Langkah Keselamatan Kerja Tambang

Perusahaan-perusahaan pertambangan baik itu berbentuk tambang terbuka (open pit), tambang bawah tanah (underground), maupun pertambangan migas (minyak dan gas bumi) dapat disebut jadi maksud beberapa pekerja. Hal sejenis ini karena sebab upah yang di menawarkan pada perusahaan itu cukup tinggi, belum lagi ditambah tunjangan yang mengundang selera. Namun tahukan Anda kalau dunia pertambangan dan perminyakan nyatanya riskan pada kecelakaan kerja??



Kecelakaan kerja sudah pasti adalah persoalan yang besar bagi keberlangsungan satu operasional pertambangan. Kerugian yang akan terkena bukan sekedar berupa kerugian materi, namun kian lebih itu yakni munculnya korban jiwa. Kehilangan sumber daya manusia yaitu kerugian yang demikian besar karena manusia yakni hanya satu sumberdaya yg tidak dapat digantikan oleh teknologi apapun.



Peralatan Safety Tambang

Menanggapi hal tertulis diatas, maka perusahaan-perusahaan di bagian Pertambangan/Perminyakan berupaya melindungi keselamatan beberapa pekerjanya bersama semuanya asset yang ada, agar lepas dari beberapa hal yg tak dikehendaki. Satu diantara langkahnya dengan lengkapi beberapa pekerjanya dengan beberapa alat keselamatan yang ideal. Di Perusahaan tambang, alat keselamatan kerja ini umumnya dikenal dengan sebutan APD (Alat Pelindung Diri).



APD di perusahaan pertambangan yaitu kelengkapan yang perlu dipakai saat bekerja. APD digunakan sesuai sama tingkat bahaya dan kemungkinan pekerjaaan, untuk melindungi keselamatan pekerja dan orang di sekelilingnya. Keharusan itu sudah disetujui oleh pemerintah lewat Departemen Tenaga Kerja RI. Semuanya jenis APD mesti dipakai seperti harusnya berdasar pada basic yang betul-betul sesuai sama standard keselamatan kerja (K3L 'Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan'). Alat-alat keselamatan kerja (APD) yang sering digunakan di satu perusahaan pertambangan dan migas yakni seperti berikut ini (memiliki bentuk saksikan gambar, cocokkan dengan nomor pada penuturannya). gambar apd


  1. Safety Helmet (Helm Pengaman) ; Manfaat helm pengaman yang paling penting yakni membuat perlindungan kepala dari jatuhan dan bentrokan benda dengan cara segera. Peralatan keselamatan ini yaitu peralatan yang cukup vital bagi beberapa pekerja didunia Pertambangan dan Perminyakan. Safety Helmet begitu membantu pekerja karena sifatnya yang melindungi kepala dari bahaya terbentur benda keras seperti pipa besi maupun batu yang jatuh sepanjang beberapa pekerja ada diarea kerja. Safety Helmet mempunyai beragam design yang mempunyai bentuk berbeda sesuai sama manfaatnya semasing. Selain itu, warna helmet yang dipakai tunjukkan jenis pekerjaannya.
  2. Safety Vest (Rompi Reflektor) ; Rompi ini diengkapi dengan iluminator, yaitu satu bahan yang dapat berpendar jika terserang sinar. Bahan berpendar ini akan memudahkan dalam tahu posisi pekerja saat ada di kegelapan. Biasanya di dunia Pertambangan, operasional berjalan sepanjang 24 jam dimana kecenderungan kecelakaan kerja berlangsung pada malam hari. Hal sejenis ini umumnya dikarenakan penerangan di ruang tambang tidak demikian baik, hingga kerapkali pekerja yang ada didalam ruang tambang tidak tampak. Rompi reflektor ini jadi penting untuk menghindar hal yg tak dikehendaki seperti tertabrak/terlindas oleh kendaraan alat berat.
  3. Safety Shoes (Sepatu Pengaman) ; Safety Shoes mempunyai bentuk seperti sepatu umum, tetapi terbuat berbahan kulit yang dilapis metal dengan sol dari karet tebal dan kuat. Safety Shoes bertindak untuk menghindar kecelakaan fatal yang menerpa kaki seperti tertimpa benda tajam atau benda berat, benda panas, cairan kimia, dan lain-lain. Sepatu safety begitu penting untuk beberapa pekerja pertambangan. Di Indonesia sendiri telah banyak bermunculan brand brand sepatu safety, salah satunya yaitu osha, kings, kent, cheetah dan ada banyak yang lain. Untuk memperolehnya juga semakin gampang, karena telah banyak yang jual sepatu safety online jakarta.
  4. Safety Goggles/Glasses (Kacamata Pengaman) ; Kacamata pengaman ini berbeda dari kacamata biasanya. Ketidaksamaanya ada pada lensa/kaca yang menutupi mata secara detail, termasuk bagian samping yg tak terproteksi oleh kacamata umum. Dengan menggunakan safety Goggles/Glasses ini, pekerja terlepas dari terpaan debu diarea Pertambangan ataupun cipratan dari minyak saat sistem drilling. Kacamata ini memiliki berbagai jenis bergantung kebutuhan dan jenis pekerjaannya. Untuk orang berkacamata minus atau plus, disediakan lensa khusus sesuai sama keperluan yang berkaitan. Yang tentu, lensa ini tidak bisa terbuat dari kaca, karena jika berlangsung bentrokan dan lensa pecah, serpihan kaca jadi akan membahayakan pemakainya.
  5. Safety Masker/masker respirator (Penyaring Hawa) ; Safety Masker bertindak sebagai penyaring hawa yang dihirup saat bekerja ditempat dengan kwalitas hawa jelek (contoh berdebu, beracun, dan lain-lain). Di sebagian ruang pertambangan banyak bertaburan debu, yang dapat mengakibatkan masalah kesehatan pada pernafasan dalam periode waktu yang panjang. Ada beragam jenis masker yang ada, dari mulai masker debu sampai masker spesial dalam hadapi bahan kimia yang gampang menguap.
  6. Safety Gloves (Sarung Tangan Pengaman) ; Berperan sebagai alat pelindung tangan ketika bekerja ditempat atau keadaan yang bisa mengakibatkan cedera tangan. Penggunaan Safety Gloves jadi hal yang perlu dipakai didunia pertambangan. Hal sejenis ini karena beberapa pekerja banyak berhubungan (menyentuh) benda2 yang panas, tajam, ataupun yang memiliki resiko terluka tergores saat lakukan pekerjaannya. Pemakaian safety gloves juga bermacam sesuai sama jenis pekerjaannya. Ada safety gloves spesial pekerjaan seperti mekanik/montir, ada yang spesial untuk pekerjaan yang terkait dengan bahan kimia, maupun pekerjaan seperti pengelasan.
  7. Ear Plugs (Pengaman Telinga) ; Ear Plugs berperan sebagai alat pelindung yang dilekatkan di telinga saat bekerja di tempat yang bising. Ear plugs yaitu alat pelindung pendengaran dari kebisingan. Pemakaian earplug ini menghindar pekerja alami masalah pendengaran seperti penurunan pendengaran akibat terkena kebisingan pada saat bekerja di ruang kerja yang mempunyai tingkat kebisingan yang tinggi atau bekerja dengan perlengkapan yang keluarkan kebisingan tinggi. Biasanya alat pendengaran kita hanya dapat menahan besaran kebisingan s/d 80-85 dB. Ear plugs juga mempunyai beragam macam bentuk dan jenis sesuai sama peruntukkannya dalam pekerjaan.
  8. Lampu Kepala ; Alat keselamatan ini umumnya spesial dipakai pada penambangan bawah tanah (underground). Malam dan siang hari di terowongan tak ada bedanya, keduanya sama gelap. Tersebut penyebabnya, lampu kepala mesti dipakai. Lampu ini bisa bertenaga aki (elemen basah) atau baterai (elemen kering) yang digantung di pinggang. Dibanding dengan baterai, aki mempunyai sebagian kekurangan, terkecuali ukuran dan bobot aki yang lebih berat, cairan asam sulfat yang bocor dapat mengakibatkan kerusakan baju.
  9. Self Rescuer ; Dalam kondisi darurat akibat kebakaran atau diketemukannya gas beracun, alat berikut yang dapat jadi penyelamat bagi beberapa pekerja. Alat ini didesain bisa memasok oksigen dengan cara mandiri pada pekerja. Tak lama memanglah, tetapi ini diinginkan memberi cukup saat bagi pekerja untuk mencari jalan keluar atau meraih tempat pengungsian yang lebih permanen.
  10. Safety Boot (Sepatu Boot) ; Pada keadaan ruang pertambangan yang biasanya licin dan berlumpur, sepatu boot jadi keperluan pokok. Sepatu pendek hanya akan mengakibatkan kaki tenggelam dalam lumpur. Sepatu boot juga harus diperlengkapi dengan sol berlapis logam membuat perlindungan jari kaki.
  11. Safety Harness (Tali Pengaman) ; Alat ini bertindak sebagai pengaman saat bekerja di ketinggian. Alat ini mesti dipakai jika bekerja pada ketinggian kian lebih 1, 8 mtr..


Di atas yaitu alat alat yang harus di gunakan untuk pekerja pertambangan. menghindar tambah baik daripada menyembuhkan. mudah-mudahan artikel diatas bisa menolong. terima kasih, salam berhasil.

0 komentar